Menu

Tuesday, April 3, 2018

Mengenal Fungsi Berbagai Jenis Komponen Elektronik

Mengenal Fungsi Berbagai Jenis Komponen Elektronik

Setiap komponen elektronik memiliki fungsi, aplikasi, tipe, simbol, serta penyebutan nilai yang berbeda-beda. Aikibatnya, setiap kompoen akan memiliki peran yang berbeda dalam sebuah rangkaian. 

Mengenal Fungsi Berbagai Jenis Komponen Elektronik

Jenis Komponen Berdasarkan Sumber Listrik Agar Dapat Bekerja

Secara umum, komponen elektronik dapat dikelompokan dalam 2 kelompok besar yaitu :

  • Jenis Komponen Pasif
  • Jenis Komponen Aktif

Jenis Komponen Elektronik Pasif
Jenis yang termasuk pasif adalah komponen elektronik yang pengoperasiannya tidak memerlukan supply tegangan atau sumber arus terpisah. Jenis komponen ini biasanya digunakan untuk pembatas arus, pembatas arus, pembagi tegangan, serta filter rangkaian pasif. 

Contohh komponen elektronik pasif antara lain resistor, kapasitor, induktor atau coil, berbagai saklar dan diode. 

Komponen Resistor

Komponen resistor merupakan komponen elektronik yang bertugas sebagai penghambat atau pembatas arus listrik yang mengalir dalam sebuah rangkaian listrik atau elektronik. 

Setiap resistor memiliki nilai yang unik seperti yang ditandai pada body resistor. Namun dalam pemakaian, resistor dapat disusun menurut susunan paralel maupun seri sesuai dengan nilai yang ingin dicapail. Dalam aplikasinya resistor dapat dirangkai secara seri dan paralel, pada rangkaian seri maka resistor dapat difungsikan sebagai pembagi tegangan dengan karakteristik nilai resistor akan bertambahsesuai dengan nilai resistor yang dihubung seri tersebut. Kemudian resistor pada konfigurasi paralel resistor berfungsi sebagai pembagi arus dan memiliki karkateristik nilai resistansi menjadi lebih rendah berbanding terbalik dengan jumlah dan nilai resistansi resistor yang diparalel.

Komponen Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen elektronik yang bertugas menyimpan muatan listrik. Besarnya muatan listrik sebuah kapasitor tergantung nilai kapasitornya. Semakin nilai kapasitor, maka semakin besar muatan kapasitor . 
Kapasitor sendiri terdiri dari jenis kapasitor AC dan DC.

Komponen Lilitan Atau Induktor

Induktor pada dasarnya merupakan sebuah lilitan konduktor yang terbuah dari kawat email yang bertugas menyaring arus DC dalam aliran arus AC. Ketiga komponen tersebut dapat dipadukan untuk membentuk sebuah filter rangkaian penyaring. 
Induktor banyak ditemukan di dalam rangkaian booster TV, radio, wireless dan berbagai radio amatir

Komponen Saklar Elektronik


Saklar termasuk salah satu komponen pasif yang bekerja sebagai pemutus arus atau pemilih sinyal. Saklar lebih bersifat konduktor saat terhubung, dan sebagai pemutus saat kondisi konduktor dipisahkan . 
Berbedas dengan relay, saklar bekerja secara manual melalui tuas yang digerakan oleh manusia secara mekanis. 

Komponen Diode

Komponen ini terbuat dari bahan semikonduktor. Fungsi dioda adalah sebagai perata atau rectifier yang mengalirkan arus listrik dalam satu arah. Dioda sendiri terdiri dari bahan semikonduktor tipe P dan tipe N yang disatukan membentuk struktur tertentu, sehingga dapat menghambat arus listrik mengalir ke arah ayng berlawanan. Secara umum, dioda terdiri dari aoda dan katoda. 

Jenis Komponen Elektronika Aktif

Komponen aktif adalah komponen elektronika yang dalam pengoperasiannya membutuhkan sumber tegangan atau sumber arus dari luar. Ada banyak tipe komponen aktif yang digunakan dalam rangkaian atau sitem elektronika. Secara umum komponen aktif dibangun mengunakan bahan semikonduktor yang didesain sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi, nilai dan kapasitas sesuai kebutuhan yang diinginkan. Beberapa contoh komponen aktif adalah.

Komponen Transistor

Komponen transistor dibentuk dari  dari tiga lempeng semikonduktor tipe P dan  N. Transistor berfungsi sebagai amplifier sinyal masukk dan katup elektronik. Pelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis transistor. 
Komponen Thyristor
Disebut Thyristor  atau SCR ( Silicon Controlled Rectifier) karena kompooen tersebut padda dasarnya merupakan sebuah dioda yang memiliki gate sebagai pengatur besarnya arus yang mengalir dalam sebuah rangkaian dengan memodifikasi sinyal masuk . 
Thyristor mampu menghantar arus dari anoda menuju katoda dengan cara memberikan arus tegangan positif terhadap katoda.

Komponen Transducer

Komponen ini merupakan komponen elektronik yang merubah besaran fisik menjadi besaran listrik dan  sebaliknya.Komponen transducer berfungsi sebagai sebuah sensoruntuk digunnakan sebagai indikator atau actuator. Beberapa transducer yang berperan sebagai sensor yaitu LDR,  NTC, PTC,  Phototransistor serta  Solar cell. 
Sedangkan contoh transducer seperti LED, speaker, motor, relay merupakan jenis yang mengubah besaran listrik menjadi besaran fisik.

Jenis Komponen Berdasarkan Cara Pemasangan 

Sedangkan berdasarkan cara pemasangannya, komponen elektronik dapat digolongkan menjadi 2 kelompok yaitu : 

  • Jenis Komponen Elektronik SMD
  • Jenis Komponen Elektronik Descrete

Jenis Komponen Elektronik Descrete

Komponen jenis descrete merupakan komponen elektronik yang umum dengan kaki komponen berupa pin maupun kawat kaki komponen yang sistem pemasangannya melalui PCB yang berlubang yang kemudian disolder pada sisi jalur PCB dengan menggunakan timah. 
Hampir 90% komponen yang diproduksi 20 tahun yang lalu merupakan jenis komponen ini. Biasanya jenis komponen ini dipergunakan pada peralatan yang tidak memerlukan design fisik yang terlalu kecil. 

Jenis Komponen Elektronik SMD

Berbedas dengan jenis descrete, komponen elektronik jenis SMD merupakan komponen generasi yang lebih baru yang pemakaiannya ditempelkan langsung dipermukaan PCB tanpa menggunakan lubang PCB. 

Hal ini karena umumnya PCB yang dipergunakan sudah berupa jenis multilayer atau berlapis-lapis untuk menghemat tempat, sehingga pengeboran PCB dihindari. Kaki pin yang disiapkan biasanya hanya berupa kaki yang langsung ditempelkan menggunakan timah tanpa harus melalui lubang komponen pada PCB seherti halnya descrete. 

Komponen elektronik jenis SMD diproduksi dengan tujuan memperoleh  fisik peralatan elektronik sekecil mungkin. komponen elektronik jenis SMD banyak ditemui pada perangkat seperti komputer , modem, HP, dan berbagai peralatan elektronik modern. 


No comments:

Post a Comment