Menu

Sunday, April 21, 2019

Energi Matahari atau Tenaga Surya

Energi Matahari atau Tenaga Surya


Tenaga surya atau energi matahari adalah energi dari matahari yang diubah menjadi energi panas atau listrik.
Energi surya adalah sumber energi terbarukan yang paling bersih dan berlimpah di dunia.
Amerika Serikat memiliki beberapa sumber daya surya terkaya di dunia.
Teknologi surya dapat memanfaatkan energi ini untuk berbagai keperluan,  antara lain menghasilkan listrik, menyediakan cahaya atau lingkungan interior yang nyaman, dan memanaskan air untuk keperluan rumah tangga, komersial, atau industri.

Teknologi Tenaga Surya

Ada tiga cara utama untuk memanfaatkan energi surya: fotovoltaik, pemanasan & pendinginan matahari, dan pemusatan tenaga surya. Fotovoltaik menghasilkan listrik langsung dari sinar matahari melalui proses elektronik dan dapat digunakan untuk memberi daya apa pun dari elektronik kecil seperti kalkulator dan rambu-rambu jalan hingga ke rumah dan bisnis komersial besar. Pemanasan & Pendinginan Matahari (SHC) dan aplikasi tenaga surya berkonsentrasi (CSP) keduanya menggunakan panas yang dihasilkan oleh matahari untuk menyediakan ruang atau pemanas air dalam kasus sistem SHC, atau untuk menjalankan turbin pembangkit listrik tradisional dalam hal daya CSP tanaman.

Bagaimana surya digunakan.

Energi surya adalah teknologi energi yang sangat fleksibel: dapat dibangun sebagai pembangkit terdistribusi (terletak di atau dekat titik penggunaan) atau sebagai stasiun pusat, pembangkit tenaga surya skala utilitas (mirip dengan pembangkit listrik tradisional). Kedua metode ini juga dapat menyimpan energi yang mereka hasilkan untuk distribusi setelah matahari terbenam, menggunakan teknologi penyimpanan + solar yang canggih. Semua aplikasi ini bergantung pada kerangka kerja kebijakan yang mendukung di tingkat lokal, negara bagian dan federal untuk memastikan konsumen dan bisnis memiliki akses yang adil ke teknologi energi bersih seperti matahari.

Memahami kebijakan yang mendorong pertumbuhan Tenaga Surya

Hingga 2018, ada lebih dari 64 gigawatt (GW) tenaga surya yang dipasang di Amerika Serikat, cukup untuk memberi daya lebih dari 12,3 juta rumah. Selama dekade terakhir, pasar tenaga surya di Amerika Serikat telah tumbuh pada tingkat rata-rata 50% setiap tahun. Ada hampir 2 juta instalasi surya individu di AS, mulai dari sistem atap rumah kecil hingga sistem skala utilitas besar yang menambahkan ratusan megawatt listrik bersih ke jaringan listrik.

No comments:

Post a Comment