Sunday, April 21, 2019

Perbedaan Trafo Power dan Distribusi

Perbedaan Trafo Power dan Distribusi

Power transformer atau trafo umumnya digunakan dalam jaringan transmisi untuk menaikkan atau menurunkan level tegangan. Ini beroperasi terutama selama beban tinggi atau puncak dan memiliki efisiensi maksimum pada atau dekat beban penuh. Trafo Distribusi menurunkan tegangan untuk tujuan distribusi ke pengguna domestik atau komersial. Ini memiliki pengaturan tegangan yang baik dan beroperasi 24 jam sehari dengan efisiensi maksimum pada 50% dari beban penuh.

Power Transformer atau trafo umumnya dinilai pada MVA Tinggi (> 200MVA) dan digunakan dalam aplikasi stepup dan step down dalam Transmission, sedangkan transformator distribusi digunakan dalam distribusi.

Perbedaan dari Segi Ukuran dan Efisiensi

Perbedaan utama antara daya dan trafo distribusi adalah trafo distribusi dirancang untuk efisiensi maksimum pada beban 60% hingga 70% karena biasanya tidak beroperasi pada beban penuh sepanjang waktu. Bebannya tergantung pada permintaan distribusi. Sehingga biasanya ukuran selalu lebih besar dari ukuran yang diperlukan.

Sedangkan transformator daya dirancang untuk efisiensi maksimum pada beban 100% karena selalu berjalan pada beban 100% dekat dengan stasiun pembangkit.

No comments:

Post a Comment