Menu

Tuesday, March 27, 2018

Cara Membaca Arti Kode Berbagai Jenis Baterai Kancing


Cara Membaca Arti Kode Berbagai Jenis

Baterai Kancing

Baterai Kancing atau Coin yang lebih dikenal dengan baterai jam merupakan jenis baterai berbentuk silinder dengan diameter antara 5mm s.d 20mm dengan ketebalan 1mm sd 6mm.
Disebut baterai kancing karena bentuk baterai ini lebih menyerupai kancing secara fisik. Demikian juga sebagian menyebutnya baterai Coin karena berbentuk seperti coin logam
Bentuk yang relatif kecil membuat baterai kancing banyak digunakan pada peralatan elektronik portable antara lain jam tangan, kalkulator, kamus elektronik, remote TV, remote mobil, serta berbagai peralatan kecil.

Jenis-jenis Baterai Kancing Atau Baterai Coil

Baterai Coinatau baterai kancing umumnya merupakan jenis baterai Primer atau Baterai sekali pakai. Artinya baterai jenis ini tidak dapat diisi ulang jenis non rechargeable. Hanya sebagian kecil saja yang Rechargeable.

Berdasarkan bahan bakunya, baterai coin atau kancing dibagikan atas beberapa jenis antara lain baterai coin perak, Alkaline , Lithium, Zinc serta jenis Mercury. Hingga saat ini, baterai Kancing berbahan mercury sudah dilarang sejak tahun 2013. Saat ini sudah sangat hampir tidak bisa ditemukan lagi jenis baterai Kancing berbahan Mercury.

Cara Membaca Arti Kode Berbagai Jenis Baterai Kancing

Penamaan baterai Coinn atau kancing memiliki pola berupa kode huruf dan kode angka berdasarkan aturan lembaga standarisasi Internasional IEC (International Electrotecnical Commission) seperti Tabel berikut ini :
  • Daftar Kode Huruf Pertama Melambangkan bahan kimia pembentuk baterai Coin atau kancing
  • Daftar Kode Angka Digit Pertama atau Kedua mewakili ukuran baterai kancing

Daftar Kode Huruf Pertama Melambangkan bahan kimia pembentuk baterai Coin atau kancing







    Dari daftar dan tabel di atas, Jenis dan Ukuran Baterai Coin dapat diketahui . Misalkan diketahui sebuah baterai dengan kode CR3032, maka ini berarti baterai tersebut memiliki spesifikasi berikut ni :
    C             = Lithium
    R             = Round (bulat)
    30           = Diameter 30.0 mm
    32           = Tebal 3.2 mm
    3V          = 3 Volt


    Kode-kode Baterai Kancing lainnya
    Selain Kode di atas, terdapat pencantuman kode pada batere seperti berikut ini:


    Demikian sekilas Cara Membaca Arti Kode Berbagai Jenis Baterai Kancing.

    No comments:

    Post a Comment